Laman

Senin, 09 September 2024

Menikmati Keindahan Masjid Raya Al Jabbar Bandung

Waktu menunjukkan pukul 12 siang. Waktunya check out dari hotel. Setengah jam sebelumnya si ayah tiba-tiba punya ide untuk mengunjungi Masjid Raya Al Jabbar mumpung di Bandung.  Sebagai pecinta masjid, kami selalu menyempatkan diri sholat di masjid-masjid yang kami lewati atau kami kunjungi kotanya. Bukan hanya masjid terkenal dan ikonik seperti masjid Kudus, masjid Demak, atau Kubah Mas. Tapi juga masjid di sepanjang jalan di kota-kota yang pernah kita lewati. Jadi mumpung ke Bandung, pengin ke Masjid Al Jabbar.

Mobil meluncur ke kampus si sulung. Rencananya sekalian ajak dia main dulu ke masjid Al Jabbar  sebelum kami pulang . Maps dihidupkan dan mobil membelah jalan menuju masjid. Setelah 40 menitan berjalan,  mobil tiba-tiba berhenti dan menandakan kita sampai di titik yg diinginkan.  Tengok kanan kiri tapi kok gak ada masjidnya. Yang ada rumah sakit Unpad. Ternyata baru sadar kalau salah ketik . Harusnya ketik Masjid Raya Al Jabbar,  tapi di maps diketik masjid Al Jabbar saja. Hahaha...

Karena sudah lapar akhirnya makan dulu di mall terdekat plus sholat dhuhur di sana. Tadi sengaja tidak sholat dhuhur di hotel karena mau sholat dhuhur di Masjid Raya Al Jabbar tapi malah nyasar. Hahahaha.

Setelah kenyang kita melanjutkan perjalanan.  Kali ini dengan maps yang baru. Ternyata masjidnya cuma beberapa kilometer dari hotel. Tapi karena tadi salah ketik jadi kelihatan jauh banget.

Alhamdulillah akhirnya sampai juga di masjid kebanggaan warga Bandung.  Biasanya melihat keindahan masjid ini hanya dari instagram.  Kini bisa melihat kemegahannya secara langsung. Masjid Al Jabbar ini dibangun diatas danau buatan dan mempunyai luas sekitar 25 hektar. Mampu menampung 30 ribu jamaah, dengan 10 ribu jamaah di dalam dan 20 ribu jamaah di luar.

Saat kami memasuki masjid tampak beberapa turis dari Cina yang sedang berkunjung.  Baru tau kalau masjid ini menjadi daya tarik wisata turis luar negeri.

Adem...itu kesan pertama saat memasuki area masjid. Padahal udara di luar panas sekali. Kami harus memicingkan mata saat berada di luar saking panasnya. Hebatnya lantai masjid yang kami injak tidak terasa panas. Beberapa kran wudhu tampak di sekitar pelataran masjid.

Bergegas kami memasuki masjid. Rak rak sepatu berada di luar. Sepatu-sepatu berjajar rapi saat kita memasuki masjid.  Kami pun menitipkan sepatu di rak yang ada. Ayah dan anak-anak ke tempat wudhu pria, aku ke tempat wudhu wanita.

Toilet duduk di tempat wudhu lumayan banyak. Tersedia juga toilet untuk disabilitas di sana. Tempat wudhunya pun nyaman dan banyak dilengkapi dengan tempat duduk. Tersedia juga tempat wudhu yang ramah untuk disabilitas. Selanjutnya kami naik ke atas menuju tempat sholat.  Kebetulan mukena tertinggal di mobil. Namun aku bisa meminjam mukena yang tertata rapi di sana.

Pandanganku tertuju kepada petugas wanita yang sedang memakaikan mukena kepada dua turis asal Cina. "You are look so beautiful," tampak petugas wanita memuji sang turis setelah memakai mukena. Sang turis tersenyum.  Aku pun ikut tersenyum mendengar pujian dari petugas untuk si turis.

Setiap memasuki masjid ada rasa yg tidak terkatakan. Rasa rindu, rasa tenang,  rasa damai dan beragam rasa lainnya. Itu juga yang kurasakan saat memasuki Masjid Raya Al Jabbar.

Segera kutunaikan sholat Ashar empat rakaat. Karpet warna biru muda menambah kekusyukan para jamaah saat bersujud. Pandanganku menyisir ke atas. Tampak lafaz Allah dengan ukuran besar berada di langit-langit masjid. Secara keseluruhan masjid ini sungguh indah.

Buat teman-teman yang ingin mengunjungi Masjid Raya Al Jabbar bisa main ke Bandung. Alamatnya ada di Cimincrang No.14, Cimenerang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Di sekitar masjid ini juga ada beberapa taman yang menambah keindahan masjid.

Teman-teman dari Jabodetabek bisa berangkat pagi-pagi mengunjungi masjid ini dan bisa pulang di hari yang sama. Tapi jika teman-teman ingin berkeliling Bandung dan mengunjungi tempat lain selain masjid,  bisa menginap di hotel di Bandung.  Ada banyak hotel yang bisa teman-teman pilih saat menginap di Bandung. Teman-teman bisa booking melalui travel agent yang terpercaya seperti Traveloka.

Grand Asrilia Hotel Convention and Restaurant

Sebagai orangtua yang masih punya anak kecil, salah satu pertimbangan dalam memilih hotel adalah hotel yang kids friendly.  Kebetulan pas Epic Sale Traveloka kemarin pilih-pilih hotel yang kids friendly dengan harga terjangkau.  Pilihannya jatuh ke Grand Asrilia Hotel di Buah Batu. Harganya terjangkau,  letaknya juga strategis dikelilingi banyak tempat makan dan toko kekinian. Selain itu letaknya tidak jauh dari kampus si kakak.  Jadi bisa bolak-balik hotel-kampus.

Tempat parkir hotel luas baik di basement atau depan hotel. Memasuki lobi mata langsung dimanjakan dengan lobi yang luas dengan banyak sofa. Di sudut sebelah kiri terdapat pajangan mobil kuno sebagai pemanis. Sementara di ujung lobi, sofa panjang  tulisan Selamat Datang dengan latar belakang Masjid Raya Bandung menghiasi dinding.

Hotel bintang empat dengan beberapa lantai ini terdiri dari 292 kamar. Kamar kami terletak di lantai lima. Jangan khawatir antrian naik lift.  Hotel ini terdiri dari banyak lift yang cukup buat pengunjung hotel. Di depan lift ada playground buat anak-anak.  Sayangnya alasnya sudah agak berdebu dan lama. Jadi sandal bisa dipakai saat main ke playground ini karena alas karpet warna-warni yg berdebu. Ada sofa panjang di tempat playground untuk orang tua yang menunggu anak-anak main.

Fasilitas Hotel

Ada beberapa pilihan kamar yang bisa dipilih dari single, single twin, deluxe, deluxe hollywood, deluxe sampai suite. Kami memilih kamar dengan tipe Deluxe Hollywood dengan breakfast dan gratis water park.

Kamar Deluxe dengan luas 32 meter persegi cukup luas buat kami. Dilengkapi dengan meja, televisi,  teko pemanas air, lemari, AC, minibar, shower dan toiletries di kamar mandi. Senangnya kamar ini juga dilengkapi dengan sofa panjang plus guling kecil. Jadi kalau capek bisa rebahan di sofa panjang.

Selain wifi, playground, cafe, restoran, lounge dan tempat gym, hotel ini juga mempunyai fasilitas kolam renang dan water park.  Karena membeli paket kamar plus breakfast dan waterpark, jadi kami bisa ke water park gratis.

Secara keseluruhan,  hotel ini mempunyai tiga kolam renang.  Kolam renang utama dekat dengan tempat gym, kolam renang arus dan water park dengan seluncuran. Kebetulan kami menginap di weekday. Jadi kolam renang dan water parknya lumayan sepi.

Saat kami ke water park hanya ada dua keluarga saja yang berenang. Si kecil mencoba naik ban di kolam arus. Kebetulan karena terlalu excited mau anterin si kakak ke Bandung malah lupa bawa baju renang buat renang di hotel. Huhuhu...

Untuk fasilitas restoran , restoran di Grand Asrilia ini lengkap dari makanan utama,  makanan ringan seperti bubur, roti-rotian sampai berbagai macam juz dan sereal. Sayang gak sempat foto di restoran karena lagi rame.  Karena kita menjaga privasi pengunjung , kita tidak mengambil   foto di area restoran ya. Secara keseluruhan menginap di sini ratenya 8.8 dari 10. Si kecil malah minta menginap di sini lagi kalau kita menginap lagi di Bandung.  Buat teman-teman yang mau pesan hotel di Grand Asrilia bisa pesan di sini.

Sebenarnya pas pesan hotel ini sempat deg-degan. Soalnya belum tahu tanggal pasti si kakak masuk asrama kampus. Tapi maksain diri beli pas Epic Sale karena harganya lebih murah. Untuk kamar deluxe dengan breakfast hanya di harga 400 ribuan saja. Karena epic sale keburu habis, main pesan aja dan dikira-kira tanggalnya. Kalau salah  maju atau mundur sehari.

Sekarang ada fitur Don't worry no rugi.  Jadi aku bisa ganti atau reschedule tanggal menginap. Alhamdulilah pas pengumuman tanggal masuk asrama keluar, ternyata tanggalnya sama dengan tanggal yang kupesan. Jadi tidak jadi reschedule.  Nah buat temen-temen yang pengin menginap tapi harinya belum pasti, bisa pakai fitur reschedule tanggal menginap ya teman-teman.

Traveloka Affiliate

Buat teman-teman yang punya wishlist liburan tapi dana terbatas bisa gabung Traveloka Affiliate . Teman-teman bisa membagikan link dari produk  hotel atau Xperience.  Dari link produk yang dibagikan,  teman-teman bisa mendapatkan poin yang bisa ditukar berbagai produk Traveloka.  Bisa liburan gratis kan?

Oke teman-teman sampai jumpa di catatan perjalanan berikutnya yaa...

27 komentar:

1. masyaallah megah banget ya. pas ke bandung enggak sempat ke sini. kapan2 mampir ah

2. Cita cita ke sini akhir bulan ini
    Namun ternyata gak bisa
    Soalnya ada banyak kegiatan RT yang saya harus ikut
    Senang pastinya bisa berkunjung

Balasan
    1. Waah semoga bulan depan sudah gak banyak kegiatan ya. Jadi bisa main ke sini.

Hapus
  3. wah makasih infonya soal program traveloka affiliate ini mbaa...aku selalu pake traveloka buat pesan2 hotel tp emang pake akun suamiku. boleh juga tuh klo bisa pergi atau nginep hotel gratisan nih

BalasHapus
  4. Alhamdulillah aku juga sudah menginjakkan kaki di Masjid Raya Al Jabbar mbak, tapi waktu aku kesana pas Ashar. Paling seneng ya kalau hotel kids friendly senang banget pasti anak-anak nginap di hotelnya

Balasan
    1. Iya aku jg pas Ashar itu mbak. Tapi masih panas banget.

Hapus
  5. Sepupu mpo tinggal tidak jauh dari masjid aljabar . Kalau malam hari cantik pemandangan karena lampu warna warni

Balasan
    1. Waah enak yaa, dekat masjid Al Jabbar. Bisa melihat keindahannya dan sholat terus di sana

Hapus
  6. Antara anak pertama dan anak kedua jaraknya jauh banget kah, ka Nunung?
    Aku dari tadi malah mikirin ini, hahaha.. soalnya di awal kalimat bilang "Mau anter si sulung ke kampus".
    Tapi pas nginep di hotel, ko masih kicik-kicik, hehehe..

Seru main di Bandung.
    Tapi memang itu diaa.. kalau masukin nama di maps tuh at least, kita tau tempatnya ada di daerah mana. Soalnya yang namanya nyerempet-nyerempet teh banyaaakk... huhuhu.. aga bikin bingung pasti yaa..

Alhamdulillah bisa menemukan spot terbaik untuk wisata ke Bandung.

Balasan
    1. Si sulung baru masuk kuliah mbak. Yang kecil itu bungsu. Yang nomor dua SMA mbak. Hehee...

Hapus
  7. Salfok sama kolam renangnya, kalau kayak gini sih cocok banget jadi stayaction buat keluarga soalnya puna waterboom ala ala begini. Dekat masjid Al Jabbar juga jadi pertimbangan tambahan sekalian singgah kesana

BalasHapus
  8. Harus ke Masjid Al Jabbar nih klo pas jalan2 ke Bandung. Dulu udah lama sekali sempat singgah di Bandung sebentar dan beli oleh2. Kapan2 pengin eksplor Bandung lebih lama lagi.

9. keren banget bangunan masjid Al-Jabbar. Pas ke bandung dulu, belom semegah ini bangunannya. molly jadi ingin pulang kampung. kapan ya bisa liburan ke sana lagi?

10. aku kemarin ketinggalan epic sale travelokanya mbak padahal kata temanku asli murah banget harga tiket pesawatnya. semoga nanti nggak kelewat deh epic sale traveloka kali aja bisa pesan tiket pesawat ke bandung

BalasHapus
  11. Daku belum pernah ke masjid Al-Jabbar.
    Punya rencana mau ke sana, karena sering melihat postingan tentang masjid indah tersebut di medsos. InshaAllah pankapan bisa ke sana

12. Padahal beberapa kali lewat sini ya tapi belum kesampaian untuk mampir karena waktu juga sih. Tapi yang pertama kali itu karena memang penuh juga deng susah parkirnya. Semoga next bisa mampir sini melihat keindahan masjid Al-Jabbar.

BalasHapus
  13. Masya Allah, sama kayak suamiku kalo road trip atau perjalanan luar kota selalu menyempatkan diri mampir shalat di tiap kota yang dikunjungi. Dan ini salah satu masjid impian yang ingin kami kunjungi untuk numpang shalat, cantiknya Al Jabbar ya.

Kamar hotel di Grand Asrilia lumayan luas loh, bisa untuk shalat di kamar ya mbak. Anak-anak pasti senang bermain air di water park yang jadi fasilitas hotel. JAdi kepo berapa harga saat epic sale Traveloka kemarin, hehee

14. Ah keren sekali masjid al jabbar ini
    Interiornya kece banget
    Suasananya nyaman
    Bakal betah klo menghabiskan waktu di masjid ini

BalasHapus
  15. Masyaallah indah sekali ya mba masjid Al Jabar yang dibangun di atas danau. Semoga aku diberi kesempatan juga bisa jalan-jalan ke Bandung dan mengunjungi masjid Al Jabar

16. Masya Allah, moga bisa bisa juga berkunjung ke masjid. Al jabbar dan masjid2 lain di seluruh Nusantara. Sepertinya masjid aljabar desainnya penuh dengan filosofi, ruang dalam membuat kita merasa kecil( dihadapan Allah ( langit2 yang menjulang)

17. MasyaAllah, indah sekali masjidnya. Semoga ada kesempatan saya untuk datang dan sholat di masjid ini juga.

BalasHapus
  18. Aku belum pernah ke Masjid Al Jabbar ini, buatannya Kang Emil yaa... bentuknya cantik mirip masjid megah di Makassar...

19. Masya Allah megahnya. Sayang sekali belum bisa lihat-lihat juga. Sejak meninggalkan Jakarta emang jadi jarang ke Bandung.

20. emang mesti lengkap dan di cek lagi ya kalau cari lokasi di maps itu, padahal masjidnya dekat dengan hotel, tapi malah jadi nyasar.

Walau nyasar, alhamdulillah kesampaian juga menunaikan sholat ashar di Masjid Raya Al Jabbar ya mbak

BalasHapus
  21. Wah keren nih Mbak Nunung ke sananya waktu sepi. Aku tiap ke sana pasti aja pas lagi rame. Jadinya gak bisa dapat foto bersih. Banyak photo bomb. Hehehehe. Tapi gapapa ya, bisa merasakan shalat di masjid megah kayak gitu rasanya senang banget.