Jumat, 30 Agustus 2024

Memilih Transportasi yang Tepat saat Liburan

Halooo jumpa lagi sama fadevmother.  Akhirnya pengin nulis lagi setelah beberapa hari ribet ngurusin keperluan si kakak yang mau kuliah pertama kali. Huhuhu....time flies yaa. Perasaan dulu masih diajak kesana kemari sekarang dah mau kuliah aja. Tapi bukan itu sih intinya. Intinya kali ini aku ingin cerita tentang memilih transportasi yang tepat untuk liburan.

Saat liburan aku menggunakan beberapa macam alat transportasi.  Sebenarnya tergantung keperluannya juga sih. Berikut beberapa alat transportasi yang digunakan saat liburan plus pertimbangan mengapa memilih transportasi tersebut.

1. Mobil

Biasanya untuk liburan dalam jangka waktu lama dan harus berpindah dari satu kota ke kota lain kami menggunakan mobil sebagai transportasi.  Contohnya saat libur lebaran. Saat libur lebaran tiket kereta api susah dapatnya dan harus rebutan.  Sementara transportasi lainnya seperti bis, kena harga tuslah. Alias harga naik saat lebaran tiba.

Selain itu saat lebaran kami harus berpindah-pindah di beberapa kota. Misal ke kampung nenekku  kemudian ke kota suami, silaturahmi keliling ke beberapa kerabat. Nah untuk hal semacam ini membawa kendaraan pribadi adalah pilihan paling tepat karena waktunya bisa fleksible. Saat lebaran tiba mencari transportasi umum juga sering penuh, jadi mobil atau kendaraan pribadi adalah pilihan transportasi yang tepat.


2. Pesawat

Transportasi pesawat ini digunakan jika kita bepergian ke luar pulau atau luar negeri yang tidak memungkinkan dengan jalur darat. Jika bepergian ke luar negeri kita harus naik pesawat. Nggak mungkin kan ke Malaysia,  Singapura atau Eropa naik mobil.

Selain itu mode transportasi ini kami pilih jika kami liburan ke luar Jawa. Kami pernah naik pesawat saat liburan ke Pulau Bali, Pulau Bangka dan saat liburan ke Belitung. 

Untuk liburan antar propinsi yang masih satu pulau, misalnya dari Jakarta ke Jogja atau Jawa Tengah dan Jawa Timur , kami hampir tidak pernah menggunakan pesawat.  Pertimbangannya tentu saja adalah biaya yang besar. 

Bayangkan saja jika kami liburan naik pesawat berlima berapa biaya yang harus kami keluarkan untuk berlima.  Untuk liburan yang agak jauh dan naik pesawat, biasanya kami sudah menabung setahun sebelumnya mengingat biaya yang besar.

Namun demikian,  bukan berarti teman-teman tidak boleh naik pesawat untuk liburan yang dekat. Teman-teman bisa tetap liburan dengan naik pesawat.  Kuncinya harus sering-sering melihat promo yang dikeluarkan maskapai.  Terkadang ada promo nol rupiah dari salah satu maskapai.  Atau teman-teman bisa memanfaatkan Epic Sale untuk mendapatkan promo tiket pesawat ke berbagai tujuan. 


Saat ini sedang berlangsung   Traveloka Travel The World Festival yang berlangsung dari tanggal 26 Agustus sampai 1 September 2024.   Ada banyak diskon menarik untuk tiket pesawat.  Teman-teman bisa mendapatkan diskon sampai 30 persen, diskon berbagai bank sampai 1.35 juta dan berbagai promo menarik lainnya. Contohnya teman-teman bisa mendapatkan tiket Jakarta-Seoul pulang pergi mulai dari 3.7 jutaan saja atau Jakarta Tokyo pulang pergi 7 jutaan saja. Jadi teman-teman harus pintar memilih ya kapan waktu liburan untuk mendapatkan harga pesawat pp termurah. 

Don't worry no rugi sekarang ada fitur baru di Traveloka yaitu perlindungan visa. Jika teman-teman membeli tiket pesawat melalui Traveloka ada perlindungan visa. Biaya perjalanan akan kembali 80 persen jika visa teman-teman ditolak. Nah kan jadi gak rugi kan? Biasanya kalau visa ditolak biaya perjalanan kita akan hangus. Fitur baru dari Traveloka ini membuat kita tenang saat visa ditolak. 

3. Kereta Api

Kereta api  adalah moda transportasi favorit saat liburan. Biasanya kami menggunakan  kereta api  untuk  liburan yang agak jauh dan tidak kuat untuk menyetir lama.  Ke Jawa Timur misalnya. Jadi kalau liburan ke Jawa Timur biasanya kami naik kereta api karena lebih nyaman dan tidak capek.

Buatku naik kereta api saat liburan artinya adalah bisa menikmati perjalanan lebih lama. Menikmati sawah yang menghijau dan pemandangan indah sepanjang perjalanan. Scene favorit adalah menyesap kopi di pagi hari sambil menikmati terbitnya matahari dan pemandangan sawah yang  menghijau dari  balik jendela.

Dulu saat anak-anak masih kecil kami selalu naik kereta eksekutif. Saat itu kebutuhan kami belum sebanyak sekarang. Jadi kereta eksekutif menjadi pilihan saat liburan. Rasanya pun lebih nyaman karena kursi empuk dan ruangan ber AC. Tidak seperti kereta ekonomi saat itu yang panas dan bau pesing.

Seiring perkembangan waktu, saat ini kami memilih naik kereta ekonomi untuk liburan. Pertimbangannya tentu saja lebih hemat. Hahaha...Selain itu sekarang kereta ekonomi senyaman kereta eksekutif. 

Jika dulu kereta ekonomi desak-desakan dan panas, sekarang kereta ekonomi ber AC. Bahkan untuk beberapa kereta ekonomi tujuan tertentu tempat duduknya didesain seperti kereta eksekutif. Tempat duduk nyaman dilengkapi dengan colokan membuat kaum mendang-mending seperti kami memilih kereta ekonomi untuk liburan. Toh rasanya sama saja.

Bulan Juni lalu kami sempat liburan ke Blitar dengan naik kereta ekonomi Singasari. Kursinya bagus dua-dua dan tidak berhadap-hadapan lagi. Meskipun untuk beberapa kereta seperti MatarMaja masih memakai tempat duduk berhadapan dengan jarak kaki yang sempit.

Pengalaman naik kereta api ekonomi ini bukan hanya jurusan Blitar Jakarta saja. Dua tahun lalu, kami naik kereta api  ekonomi Fajar Utama  jurusan Jogjakarta Jakarta. Meskipun kereta ekonomi namun sangat nyaman. Desain interiornya bagus, gerbong ber AC dan  dilengkapi dengan colokan listrik.



4. Bis

Bis juga merupakan salah satu alternatif transportasi saat liburan. Beberapa kali saat pulang kampung dan si ayah gak bisa ikut, kami memanfaatkan fasilitas beli tiket bis lewat Traveloka.


Paket Tur dari Traveloka Xperience 

Buat teman-teman yang ingin liburan, memakai transportasi umum dan tidak bawa mobil pribadi, teman-teman bisa memanfaatkan paket tur di  Traveloka Xperience.  Tinggal duduk, dan semua beres karena kita akan dijemput di titik penjemputan. Contohnya jika teman-teman liburan ke Bromo, teman-teman bisa memanfaatkan tur sehari ke Bromo dan dijemput di Malang. Atau teman-teman bisa memanfaatkan tur sehari ke Ranca Upas Bandung.

Harga tur ke Ranca Upas Bandung ini bervariasi mulai dari 440 ribu per orang untuk 7-10 orang. Teman-teman bisa dijemput di titik penjemputan yang sudah ditentukan. Don't worry no rugi, dengan biaya sebesar ini teman-teman sudah bisa menikmati tur seharian dari setengah delapan pagi sampai jam lima sore.

sumber : Traveloka Xperience 

Dimulai dari penjemputan jam setengah delapan pagi tur dimulai dengan mengunjungi kawah putih. Dilanjutkan dengan makan siang dan tur dilanjutkan  dengan menuju penangkaran rusa Ranca Upas, mengunjungi kebun teh Rancabali dan ditutup dengan mengunjungi Rengganis bridge. Tur berakhir jam lima sore.

sumber : Traveloka Xperience 

Jangan khawatir ya teman-teman.  Paket tur dari Traveloka ini dijamin puas.  Harganya pun terjangkau Kami  pernah ikut paket tur Xperience ke Kepulauan Seribu beberapa tahun lalu dan puas bangeeet. Buat yang penasaran ceritanya bisa dibaca di sini. Kapan-kapan kami ingin ikut paket tur dari Xperience Traveloka dengan destinasi berbeda.  Ingin ikut tur dari Traveloka Xperience?bisa daftar di open trip  Tur Kepulauan Seribu ya teman. 

Tur Kepulauan Seribu Traveloka Xperience 

Traveloka Affiliate 

Siapa yg hobinya jalan-jalan tapi dana terbatas? ? Ngacung dong. Yuup its me. Hobi jalan-jalan tapi harus berhemat-hemat agar hobi jalan-jalan masih bisa dilakukan.  Ya namanya juga ibu rumah tangga tanpa penghasilan. Harus merelakan berhemat di beberapa sisi agar masih bisa jalan-jalan dan liburan. Eits....itu dulu. Kini kaum mendang-mending yg hobi liburan kayak aku bisa liburan gratis lhoo. Wooow asyik banget kan? Caranya dengan gabung Traveloka Affiliate.  

Di sini teman-teman cukup membagikan link affiliate kita. Tiap ada yg klik dan beli produk dari link kita nanti kita akan mendapatkan poin. Point-point tersebut bisa kita tukarkan untuk membeli produk-produk Traveloka.  Horeee....gak perlu berhemat-hemat lagi. Gabung saja dengan Traveloka Affiliate dan hobi jalan-jalan kita terpenuhi. Yeaaay...

Buat yang penasaran caranya.  Sini aku bisikin. Caranya gampang banget. 

1. Buka aplikasi Traveloka 
2. Buka akun temen-temen 
3. Klik Traveloka Affiliate 
4. Klik daftar dan ikuti langkah-langkahnya










44 komentar:

  1. kalo aku si nung biasanya sama keluarga pake pesawat😅 pesennya lewat traveloka karena banyak promonya xixixi😁

    BalasHapus
  2. waaa.. mau banget donggg..
    bisa sering tau promo liburan jadinya ya

    BalasHapus
  3. Kalau aku bis itu pilihan terakhir mbak, kalau terpaksa banget hihihi. Tapi boleh juga sesekali naik bus yang enak gitu ya biar merasakan perbedaannya.
    Tapi apapun pilihan transportasinya kalau umum mending lewat traveloka aja ya pesennya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga naik bus sekarang pesan lewat Traveloka mbak. Gak harus ke terminal kayak jaman dulu.

      Hapus
  4. Transportasi umum yang paling nyaman buat saya adalah kereta api. Paling sering pesan lewat Traveloka. Soalnya promonya paling oke hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss Mbak Mira. Paling nyaman emang naik kereta api.

      Hapus
  5. iya lho aku pun, bus adalah pilihan terakhir banget untuk transportasi liburan, sebisa mungkin harus nyaman apalagi kalo perjalanannya membutuhkan waktu yang berjam-jam gitu ya

    BalasHapus
  6. aku seringnya naik kereta karena seringnya sih nggak macet dan tepat waktu, kadang kalau udah sampai tujuan wisata, sewa motor atau mobil, biar sat set aja

    BalasHapus
  7. Wah mendadak jadi pengin ke Ranca Upas atau Kepualaun Seribu..Seru banget ini, praktis lagi. Ambil paket tur di Traveloka Xperience, tinggal duduk, dan semua beres karena kita akan dijemput di titik penjemputan dan bersenang-senang di tempat tujuan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak enak kok ambil tour di Traveloka Xperience. Tinggal duduk beres deh.

      Hapus
  8. Pengen banget traveling ke Bandung naik kereta api. Kayaknya seru ya. Apalagi peset tiketnya mudah banget pakai Traveloka. Banyak untungnya.

    BalasHapus
  9. Eh ada yah trip kepulauan seribu di Traveloka. Coba ah ku cari. Aku pakai Traveloka biasanya buat cari hotel atau tiket pesawat. Pas epic sale tuh jadi lebih hemat soalnya kan liburan berempat.

    BalasHapus
  10. Aku kalo pergi sekeluarga seringnya pakai mobil pribadi. Beda kalo keluar pulau, kayak ke Bali tahun kemarin ya pakai pesawat biar hemat waktu dan nggak capek di jalan. Itu pun ordernya juga di Traveloka karena udah kebiasaan. Pesan tiket masuk tempat wisata kayak di Batu, Malang itu juga kami pakai Traveloka lebih praktis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ke Bali enak naik pesawat mbak. Ntar di sana sewa mobil.

      Hapus
  11. Pesawat dan kereta jadi transportasi ciamik sih buat bepergian ke luar kota, karena kan waktu tempuhnya juga bisa lebih efektif ya biar gak terlalu capek di perjalanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gak terlalu capek kalau naik pesawat atau kereta mbak.

      Hapus
  12. Keluargaku karena kebanyakan satu daerah, paling gas motor. Yang kota lain, mobil atau bisa udah nyape. Untuk pilihan lain, emang baiknya manfaatin promo dan lainnya. Lumayan banget kalau ada potongan harga

    BalasHapus
  13. Emang klo mau travelling, Traveloka selalu jadi andalan
    Banyak promo tiket murah disini ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Langganan sejak 10 tahun lalu pakai Traveloka.

      Hapus
  14. Hmm senang ya karena bisa mendapatkan banyak info dari Traveloka soal harga tiket yang murah untuk jenis transportasi yang kita butuhkan
    Bahkan biasanya banyak promodan fasilitas yang menyenangkan

    BalasHapus
  15. Liburan memang jadi momen yang ditunggu-tunggu banget yaah..
    Tapi jangan lupa untuk menghitung biaya transportasi. Biasanya kalo suamik tuh bisa banget cari diskonan di OTA. Dan salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah tawaran menarik paket tur di Traveloka Xperience. Ini bisa dicoba nih... biar dapet pengalaman yang maksimal ketika berlibur.

    BalasHapus
  16. Transportasi paling sering digunakan sampai sekarang itu selalu Kereta Api, tapi baru tau nih kalau ternyata di aplikasi traveloka ada banyak promonya juga, sesekali mau coba beli disana dah

    BalasHapus
  17. wah traveloka lagi banyak diskon yaa. program baru yaa traveloka affiliate, ah ikutan ah biar bisa jalan-jalan gratis

    BalasHapus
  18. wah di traveloka experience ada paket tur juga ya mak? ps banget buat orang yg pengen jalan simpel tanpa ribet mikirin itinerary yaaaa.. hihi

    BalasHapus
  19. aku tertarik di bagian akhir, jadi bagian dari Traveloka Affiliate, duh pengeeeen sekalian memotivasi diri untuk lebih banyak traveling dan menikmati kehidupan aja dari penatnya kerja dan belajar huhuhu sekalian cuanisasi ya mba hehehe....

    BalasHapus
  20. Kereta api salah satu transportasi umum favoritku dan keluarga kalau liburan mba. Dan lebih mudah dan nyaman pesennya via Traveloka ya apalgi kalau pas banyak promonya. Sukaaa

    BalasHapus
  21. Sebenarnya moda transportasi favorit saya itu kereta, makanya kalau liburan ke tempat yang bisa dijangkau keret pasti itu jadi pilihan utama. tapi beberapa waktu lalu roadtrip keliling jawa timur naik mobil ramean sama keluarga besar seru juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau roadtrip ke banyak tempat prefer naik mobil pribadi sih mbak

      Hapus
  22. Lebih senang naik kereta sih kalau yang masih bisa dijangkau perjala an darat. Tapi kalau ada dananya pasti pilih pesawat haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha..asal ada dananya ya mbak.Aku jg pilih naik pesawat kalau ada dananya.

      Hapus