Laman

Jumat, 26 Juli 2024

Berwisata ke Geopark Ciletuh? Don't worry No Rugi

Dua bulan lalu tiba-tiba si ayah mengajak kami ke Sukabumi. Katanya salah satu temannya punya perkebunan jati di  daerah Pelabuhan Ratu  dan ayah pengin lihat. Iya lihat aja, soalnya kami juga tidak punya ilmu tentang perkayuan atau bisnis kayu dan semacamnya. Tapi karena nggak enak sama temannya akhirnya pengin lihat dulu kebun jatinya.

Aku sih iya, iya saja soalnya memang sudah lama sekali tidak bisa pergi berlima. Mumpung anak-anak bisa diajak pergi gaass aja. Kebetulan meski sudah pernah ke Sukabumi dua kali, kami belum pernah sampai ke Pelabuhan Ratu. Jadi saat ada kesempatan diajak si ayah ke daerah ke Pelabuhan Ratu kami happy

Rencananya ini  perjalanan menginap kami ketiga di Sukabumi.  Jadi beberapa hari sebelumnya aku hunting hotel. Hotelnya nanti aku tulis di sini ya. Puas banget menginap di Hotel Augusta Sukabumi kemarin.

Kembali ke cerita awal. Karena tol ke arah Sukabumi masih belum dibuka dan masih dalam perbaikan karena longsor beberapa waktu lalu, akhirnya kami memutuskan untuk berangkat pagi-pagi biar gak macet dan lama di jalan. Sehabis subuh, jam setengah enam kami berangkat dari rumah. Perjalanan lumayan lancar sampai keluar tol Cigombong. Nah setelah tol Cigombong lalu lintas agak padat. Padat saja sih bukan macet. Karena mungkin masih pagi ya. Coba berangkat siang dikit pasti macet banget daerah sini.

Karena lancar jam setengah 10 kami hampir tiba di hotel. Tapi kan kepagian kan ya? Pasti gak boleh check in. Mau nunggu di pantai di Pelabuhan Ratu sampai jam dua juga males karena pasti kepanasan. Trus ingat seorang teman pernah ke Geopark Ciletuh dan cakep-cakep fotonya.  Langsung request ke ayah gimana kalau sambil nunggu waktu check in kita ke Geopark Ciletuh saja. Jarak dari hotel ke Geopark kalau dari maps kira-kira 1.5 jam . Oke deh gass..


Geopark Ciletuh dan Puncak Darma

Jalanan ke Geopark Ciletuh lumayan naik turun. Berbagai tanjakan terjal dan curam kita temui sepanjang perjalanan. Alhamdulilah meski sudah berumur si livina kesayangan kami masih kuat nanjak. Paling serem saat menanjak di tanjakan Dini yang sangat terjal dan berliku. Sempat deg-degan takut gak kuat soalnya mobil kami matic. Alhamdulilah meski matic kuat nanjak juga. Jadi ingat cerita temen yang  mobilnya meluncur ke bawah gara-gara nggak kuat nanjak. Untung nabrak tower jadi mobilnya tidak meluncur jatuh ke jurang. Cerita tanjakan Dini yang curam ini ternyata cukup terkenal. 

Perjalanan ke Geopark Ciletuh disuguhi dengan hijaunya perbukitan dan birunya Teluk Ciletuh. Sayang hari agak mendung,  jadi Teluk Ciletuh tidak terlihat sebiru biasanya dari atas mobil. Tapi suguhan pemandangan indah ini membuat mulut tak henti menyebut asmaNya. MasyaAllah indah sekali. Keramba-keramba milik nelayan menambah indahnya pemandangan.



Ini adalah foto dari dalam mobil dan diambil saat mendung.  Kalau tidak mendung pemandangan ini terlihat biru dan indah sekali. 

Mobil terus melaju melibas berbagai tanjakan. Jam sebelas lebih sedikit kami sampai di Pantai Palangpang yang menjadi icon  Geopark Ciletuh. Aku membangunkan anak-anak yang tertidur. Selanjutnya kami langsung ke pantai. Ternyata pantainya biasa saja. Kata abang- abang yang ada di sana pantai di sana biasa. Kalau pengin melihat pasir putih dan pantai cakep kita bisa menyebrang. Biayanya lima puluh ribu rupiah per orang atau 350 ribu untuk berlima untuk naik perahu sampai ke seberang.



Berhubung pantainya biasa saja kami cuma sebentar disana.  Kebetulan tidak ada keinginan untuk menyebrang ke pantai pasir putih. Buat buktiin kalau sudah sampai di Geopark Ciletuh kita ambil foto  di icon Geopark Park. Fotonya buru-buru di atas mobil karena kita sudah mau jalan. Yang penting ada foto Geoparknya yaa...hihihi..



Dalam perjalanan ke Pelabuhan Ratu dari Pantai Palangpang kami melewati air terjun dan Puncak Darma. Karena malas turun dan jalan, kami foto saja air terjun dari kejauhan. Kebetulan kelihatan dari jalan air terjunnya. Jadi foto di sawah pinggir jalan dengan pemandangan air terjun di kejauhan. Selanjutnya kami ke Puncak Darma.

Puncak Darma ini berada di ketinggian sekitar 340 meter diatas permukaan laut. Kita cukup membayar lima ribu rupiah perorang untuk menikmati keindahan Puncak Darma. Laut terbentang di kejauhan. MasyaAllah indah sekali.






Huhuhu indah bangeet kan teman-teman. Di  Puncak Darma ini ada cafe yang menjual berbagai macam makanan. Kebetulan perut keroncongan minta diisi. Jadi kita makan di cafe dengan pemandangan indah Puncak Darma. Di cafe ini juga ada spot-spot cantik untuk berfoto. Puas bangeet deh makan di cafe sambil berfoto sepuasnya dengan latar belakang pemandangan cantik. Harga makanan dan minumannya masih terjangkau. Hebatnya lagi  pengelolanya anak-anak muda. Di sini juga ada musholla. Jadi kita bisa sholat dhuhur sekalian istirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke hotel. 

Pengalaman Menginap di Hotel Augusta Sukabumi 

Awalnya sempat bingung memutuskan dimana kami akan menginap saat di Sukabumi.  Tapi karena kebun jati teman si ayah ada di sekitar Pelabuhan Ratu ya akhirnya aku memutuskan untuk menginap di sekitar Pelabuhan Ratu.  

Salah satu tips untukmu menghemat biaya saat liburan adalah mencari hotel yang tidak terlalu mahal dan dapat sarapan. Meski demikian bukan berarti harga murah selalu jelek. Biasanya aku selalu dapat hotel bagus dengan harga terjangkau karena selalu baca terlebih dahulu review dari pengunjung di Traveloka. 

Dan disinilah kami menginap. Hotel Augusta Sukabumi.  Susah sekali mendapat kamar karena biasanya selalu full kamarnya.  Alhamdulilah dapat dua kamar untuk kami berlima. Hotel Augusta Sukabumi ini terletak di Jalan Cikulu no 72 Caringin. Dengan 65 kamar yang tersedia,  hotel ini menawarkan pengalaman menginap tak terlupakan.

Sebenarnya kamarnya biasa saja, namun pemandangan dan lingkungan di hotel bagus banget. Dilengkapi dengan kolam renang,  tempat tenis, playground, lapangan, berbagai mainan dan gazebo-gazebo yang dikelilingi pohon-pohon rindang.  Asri dan adem meski hotel ini berada di pinggir pantai. Kontras dengan suasana pantai Pelabuhan Ratu yang panas.





Setelah istirahat sebentar,  sore harinya bocah minta berenang. Akhirnya kami berenang sebentar.  Kolam renangnya cukup luas dan muat untuk banyak orang. Dikelilingi pohon kelapa membuat area kolam renang cukup asri dan adem.



Malamnya kami malas keluar untuk cari makan karena masih capek. Jadi kita pesan makanan di hotel. Kebetulan hotel menyediakan makan malam buat tamu jika ingin beli. Cah kangkung,  ikan bakar, ayam bakar dan beberapa teh anget adalah menu makan malam kami. Makan malam yg romantis karena kami memutuskan makan di balkon kamar dengan pemandangan kolam renang yang dipenuhi lampu di malam hari. Meja dan kursi di kamar kami angkat ke balkon buat makan rame-rame bersama anak-anak.  Seru....


Pagi-pagi kami main ke pantai. Pantainya dekat banget , tinggal nyebrang sampai pantai. Anak-anak yg gede tidur lagi sehabis sholat subuh, jadi tidak  kami ajak jalan-jalan.  Hanya si bungsu yang antusias banget pengin main pasir ke pantai. Hahaha.


Suasana pagi di pantai sudah ramai. Banyak pengunjung hotel yang main ke pantai pagi-pagi.  Menyenangkan sekali main ke pantai pagi. Udaranya masih segar dan kita pun tidak kepanasan.  Jadi bisa puas-puasin main air. Oya aku baru tau ternyata ombak di Pelabuhan Ratu ini besar. Ombaknya seperti Pantai di Parang Tritis. Jadi harus ingetin si kecil agar nggak jauh-jauh mainnya. Beberapa pedagang cilok menawarkan dagangannya.  Lumayan buat ganjal perut sebelum sarapan.


Setelah puas bermain di pantai kami pun  segera kembali ke hotel. Tak lupa membersihkan diri dulu yang penuh dengan pasir di toilet pantai. Kasihan petugas kebersihan hotel kalau kita masuk dengan kaki penuh pasir. Selepas dari pantai kaget ternyata mobil kami sudah dicuci.  Ada tiga bapak-bapak yang mencuci semua mobil tamu tanpa diminta. Sepertinya penduduk sekitar yang menjemput rejeki. Kita bayar seikhlasnya sebagai tanda terima kasih mobil telah dicuci.

Waktunya sarapan. Tamu hotel ini penuh, jadi kami menunggu ruang makan agak lega untuk sarapan. Senangnya di sini kita bisa sarapan sambil menikmati hijaunya pemandangan. Gazebo terletak di dekat ruang makan. Jadi kami memutuskan untuk turun dan sarapan di Gazebo. Menunya lumayan lengkap termasuk  buah dan puding. 




Si ayah terkesan banget dengan hotel Augusta.  Meski sering menginap di hotel, namun pengalaman menginap di sini berbeda. Berkesan karena kita bisa main ke pantai sepuasnya tinggal menyebrang plus menginap di hotel yang sejuk. Harga permalam di hotel ini tidak terlalu mahal dengan fasilitas lumayan. Per malam kita cukup mengeluarkan 300 ribuan saja untuk menginap. Buat teman-teman yang main ke Pelabuhan Ratu hotel ini bisa menjadi pilihan menginap. Teman-teman bisa booking hotel Augusta juga saat menginap di Pelabuhan Ratu. 


Jam 10 an kami check out karena perjalanan dilanjutkan ke kebun jati yang menjadi tujuan utama. Jalanan menuju ke sana seru karena melewati perkebunan karet. Kapan-kapan ya kita cerita lagi.

Buat temen-temen yang mau booking lewat Traveloka Don't worry no rugi karena sekarang ada fitur easy refund. Jadi teman-teman bisa refund dengan mudah jika terjadi sesuatu di luar rencana. 
Ada juga easy reschedule.  Kita bisa mengubah tanggal kunjungan 14 hari sebelum atau sesudah tanggal awal secara gratis.

Selain itu kita juga bisa bayar nanti. Bayar di hotel atau bayar dekat dengan tanggal menginap. Nah ada yg baru di Traveloka yaitu Flexible visit date di Xperience. . Kita bisa menggunakannya jika ada fitur flexible visit date di akun kita. Jadi pesan dulu sekarang,  pakainya di tanggalnya flexible.

Nah banyak kan fitur Don't worry no rugi. Masih ada fitur paylater, jaminan refund 100 persen, reschedule plus, reschedule ke Traveloka poin dan sebagainya. 


Promo Terbaru dari Traveloka 

Oya buat teman-teman yang ingin liburan kemana saja sekarang lagi ada promo diskon hotel di jaringan Ascott. Buy 2 nights get one night dengan kode promo EPICASCOTID dengan periode pemesanan dari tanggal 25 Juli sampai dengan 11 Agustus. Periode menginap sampai Maret 2025. Jangan lupa jumlah kupon terbatas ya guys.

Nah buat temen-temen pengin mencoba naik kapal pesiar lagi ada promo nih dari Royal Caribbean Cruises. Kupon diskon sampai 6 juta dengan kode kupon CRUISEEPIC. Buruan pesan yuk karena kode kupon terbatas perharinya. Teman-teman bisa pesan dari tanggal 25 Juli sampai 29 Juli untuk perjalanan kapan pun. Berlaku satu kali pemesanan selama periode promo dan berlaku untuk semua metode pembayaran. Enak banget kan?

Selain itu ada juga paket wisata jelajah Singapura 4 hari 3 malam mulai dari 3 juta rupiah, paket wisata  ke Lombok 4 hari 3 malam mulai dari 4 juta rupiah dan berbagai paket wisata lainnya. Periode promo dari 25 Juli sampai 29 Juli untuk perjalanan kapanpun.

Sebenarnya masih ada promo Universal Studio Singapura dan Sea Aquarium.  Sayangnya promonya berakhir tanggal 27 Juli.

Wiiih dari tadi ngomongin liburan mulu, kan jadi pengin. Tapi tiap liburan  butuh banyak biaya. Nah buat teman-teman yang ingin  liburan gratis bisa daftar di Traveloka Affiliate . Lumayan banget kalau banyak yang pakai link dari kita. Kita akan mendapatkan poin yang bisa kita pakai untuk beli hotel atau tiket kereta. Jangan lupa kunjungi website Traveloka untuk mengetahui berbagai promo terbaru.



21 komentar:

  1. Wahhh seruu ya bisa jalan2 ke hotel, pantai, dan geopark. Daku belum pernah ke geopark nih. Semoga suatu saat bisa ke sana.

    Yg bikin kaget waktu ada yg cuciin mobil.

    BalasHapus
  2. Udah nyaman akses ke sana. Udah ada fasilitas dan penginapan. Suami ke sana waktu Ciletuh masih sepi banget. Makanya belum mengajak saya. Khawatir saya kecapean hihihi. Kayaknya kalau kayak gini, saya mau deh ke Ciletuh.

    BalasHapus
  3. Belum pernah daku ke Geopark, view puncak Darma berpoto dari atas itu cakep ya Mak, dekat dengan pantai juga ya one day mau aah wisata ke Ciletuh jugašŸ¤©

    BalasHapus
  4. Paling seneng kalo nginep di hotel yang akses ke pantainya deket alias tinggal nyebrang, karena ke pantai kan enaknya pagi yah, kalo jauh suka males dan akhirnya berangkat siang trus kepanasan deh huhu. Tandain hotelnya kalo nanti ke pelabuhan ratu nih

    BalasHapus
  5. Paling seneng kalo nginep di hotel yang akses ke pantainya deket alias tinggal nyebrang, karena ke pantai kan enaknya pagi yah, kalo jauh suka males dan akhirnya berangkat siang trus kepanasan deh huhu. Tandain hotelnya kalo nanti ke pelabuhan ratu nih

    BalasHapus
  6. Walau mobilnya matic, kalau yang nyetir ahli, tetap bisa dibawa nanjak juga ya mbak.
    Pemandangan dari puncak Darma bagus banget mbak. Asyik ya duduk berlama-lama di situ, memandang sekeliling, menikmati keindahannya

    BalasHapus
  7. Berwisata ke Geopark Ciletuh tuh bisa sekaligus menjelajah beberapa destinasi seru di kawasan tersebut, termasuk main ke curug dan pantai. Ah surga bangettt

    BalasHapus
  8. Berwisata ke Geopark Ciletuh itu seru banget ya
    Bisa main je pantai dan curug
    Apalagi klo dapat promo dari Traveloka ya mbak
    Makin seru deh

    BalasHapus
  9. Traveloka, si burung biru, masih menjadi OTA andalan kami sekeluarga!

    Paling suka fitur Re-Schedulenya, yang simpel banget, meski terkadang ada fee tambahan. Hahaha. Namanya juga re-schedule ya, Mak.

    Btw, baru tahu ada program Traveloka Affiliate.
    Cari tahu dulu ne!

    BalasHapus
  10. Pas yang foto kak Nunung di atas dan kelihatan view pantainya, cakep banget itu kak.
    Semenyenangkan itu ya di sini, terlebih kalau bawa anak kecil karena ada playground dan gazebo manis

    BalasHapus
  11. Awal bulan Juli kemarin aku ke Sukabumi dan Pelabuhan Ratu mba. Tapi nggak sempat main di Pantai. Makasih rekomendasinya mba. Hotel harga terjangkau dan fasilitasnya juga lengkap

    BalasHapus
  12. Asik makan cilok apalagi mobil sudah di cuci. Ah untungnya bayar seikhlasnya dan tidak ada pemaksaan.

    BalasHapus
  13. Cantik banget itu pemandangan dari Puncak Darma, masya Allah. Seru juga ini bikin liburan ke sini, karena aku belum pernah main ke Geopark Ciletuh. Apalagi ada penginapannya juga, jadi pengin ngintip dulu ini harganya di OTA.

    BalasHapus
  14. View di Puncak Darma cakep banget Mak, apalagi kalau cuaca cerah, pasti tambah cakep. Oh ya, senangnya ya bisa jalan-jalan bareng sama anak-anak.

    BalasHapus
  15. Sukabumi memang juaraa yaa..
    Kalau di explore, ada banyaaakk banget tuh tempat wisata alamnya. Dan memang tantangan pissaan jalannya kalau mau lihat pemandangan indah kaya di Puncak Darma.

    BalasHapus
  16. Aduh mau banget ih berwisata ke Ciletuh. Huhuhu mupeng deh sama yang udah ke sana. Alamnya bagus banget. Banyak pula hal yang bisa dilakukan di sana ya. Semoga kesampaian segera deh aku main ke Ciletuh. Aamiin :D

    BalasHapus
  17. Aduh mau banget ih berwisata ke Ciletuh. Huhuhu mupeng deh sama yang udah ke sana. Alamnya bagus banget. Banyak pula hal yang bisa dilakukan di sana ya. Semoga kesampaian segera deh aku main ke Ciletuh. Aamiin :D

    BalasHapus
  18. Masya Allah tabarakallah indah banget ya puncak Darma dan Geopark Ciletuh. Sangat worth it buat dikunjungi.

    Apalagi nemuin penginapan yang ciamik dan mumpuni. Plus ada promoan yang bikin makin hemat nih. Traveloka emang the best sih kata aku mah.

    BalasHapus
  19. Aku belum pernah nih ke Sukabumi, tapi kyknya suamiku pernah dinas di area2 geopark situ dulu.
    Alhamdulillah dapat hotel buat nginep. Eh, emangnya dadakan mbak? gak booking duluan? #kepoh hehe
    Termasuk affordablee rate-nya ya dan dekat pantai jadi ada hiburan. Apalagi kalau pagi2 banget ke sananya :D

    BalasHapus
  20. Sering dengar cerita tentang Geopark Ciletuh, ternyata memang sebagus itu ya, Mba.
    Harus banget nih kesini kalau anak libur sekolah nanti.

    BalasHapus
  21. Traveloka memang trusted banget dan bikin liburan jadi lebih mudah juga nyaman. Aku selalu booking hotel dan beli tiket via Traveloka juga mba

    BalasHapus